tematik kelas 1 semester 2

TUGAS

  1. 1. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar 8 Mata Pelajaran

A. Agama

  1. Agama Kristen

Standar Kompetensi:

  1. Menerima dan mensyukuri keberadaan dirinya sebagai ciptaan Allah dalam relasinya dengan ciptaan lain:

Kompetensi Dasar:

1.1  Mensyukuri alam ciptaan Allah dan isinya

1.2  Mensyukuri hidup bersama orang lain

  1. Agama Islam

Standar Kompetensi:

  1. Menghafal Al Qur’an surat-surat pendek pilihan (Al Qur’an)
  2. Mengenal dua kalimat syahadat (Aqidah)
  3. Membiasakan perilaku terpuji (Akhlak)
  4. Membiasakan bersuci (thaharah) (Fiqih)

Kompetensi Dasar

1.1  Menghafal QS Al-Kautsar dengan lancar

1.2  Menghafal QS An-Nashr dengan lancar

1.3  Menghafal QS Al-‘Ashr dengan lancar

2.1 Melafalkan syahadat tauhid dan syahadat rasul

2.2 Menghafal dua kalimat syahadat

2.3 Mengartikan dua kalimat syahadat

3.1 Menampilkan perilaku rajin

3.2 Menampilkan perilaku tolong-menolong

3.3 Menampilkan perilaku hormat terhadap orang tua

3.4 Menampilkan adab makan dan minum

3.5 Menampilkan adab belajar

4.1 Menyebutkan tata cara berwudlu

4.2 Mempraktekkan tata cara berwudlu

  1. Agama Katolik

Standar Kompetensi

  1. Memahami pribadi  dan lingkungannya  serta kedatangan Yesus Kristus sebagai bukti kebaikan Allah, sehingga terdorong untuk mensyukurinya dan mampu  mengungkapkan rasa syukurnya itu melalui doa

Kompetensi Dasar

1.1  Mewujudkan rasa syukur,  hormat dan kasihnya kepada Allah dan sesama

1.2  Mengungkapkan syukur,  hormat dan kasihnya kepada Allah melalui doa-doa

  1. Agama Buddha

Standar Kompetensi

  1. Mengungkapkan riwayat kelahiran Pangeran Siddharta (Sejarah)
  2. Memahami ketuhanan dalam agama Buddha (Saddha)

Kompetensi Dasar

1.1  Mendeskripsikan peristiwa kelahiran Pangeran Siddharta

1.2  Menjelaskan ramalan petapa Asita tentang Pangeran Siddharta

2.1 Menumbuhkan keyakinan (Saddha) terhadap Tuhan Yang Maha Esa

2.2 Mengenal sebutan Tuhan dalam agama Buddha

2.3 Mengenali sifat-sifat ketuhanan dalam diri Buddha dan cara Buddha

menyelamatkan Manusia

e.   Agama Hindu

Standar Kompetensi

  1. Mengenal ajaran Susila dalam kehidupan sehari-hari (Susila)
  2. Mengenal orang suci agama Hindu (Orang Suci)

Kompetensi Dasar

1.1  Mengenal arti Tri Kaya Parisudha

1.2  Menyebutkan bagian-bagian Tri Kaya Parisudha

1.3  Menunjukkan contoh pelaksanaan Tri Kaya Parisudha dalam kehidupan sehari-hari

1.4  Melatih diri melaksanakan Tri Kaya Parisudha dalam kehidupan

2.1 Menyebutkan arti dan makna orang suci

2.2 Menyebutkan contoh perilaku orang suci

2.3 Menunjukkan contoh-contoh orang suci

B. PKN

Standar Kompetensi

  1. Menerapkan hak anak di rumah dan di sekolah
  2. Menerapkan kewajiban anak di rumah dan di sekolah

Kompetensi Dasar

1.1  Menjelaskan hak anak untuk bermain, belajar dengan gembira dan didengar pendapatnya

1.2  Melaksanakan hak anak di rumah dan di sekolah

2.1  Mengikuti tata tertib di rumah dan di sekolah

2.2  Melaksanakan aturan yang berlaku di masyarakat

C. Seni Budaya dan Ketrampilan

Standar Kompetensi

1.   Mengapresiasi karya seni rupa

2.   Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa

3.   Mengapresiasi karya seni musik

4.   Mengekspresikan diri melalui karya seni musik

5.   Mengapresiasi karya seni tari

6.   Mengekspresikan diri melalui karya seni tari.

Kompetensi Dasar

1.1   Mengidentifikasi unsur rupa pada benda di alam sekitar

1.2   Menyatakan sikap apresiatif terhadap unsur rupa pada benda di alam sekitar

2.1 Mengekspresikan diri melalui karya seni gambar ekspresif

2.2 Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa dua dimensi dengan teknik

menempel

3.1 Mengidentifikasi unsur/elemen musik dari berbagai sumber bunyi yang

dihasilkan alam

3.2 Mengelompokkan bunyi berdasarkan sumber bunyi yang dihasilkan alam

3.3 Mengidentifikasi irama dan melodi sederhana

4.1 Menampilkan permainan pola irama dan melodi sederhana

4.2 Memeragakan dinamik sederhana

4.3 Mengekspresikan diri melalui vocal, alat musik atau sumber bunyi

sederhana

4.4 Menyanyikan lagu anak-anak dan lagu wajib

5.1 Mengidentifikasi fungsi tubuh dalam melaksanakan gerak berpindah

tempat

5.2 Menampilkan gerak tari menurut tingkatan tinggi rendah

5.3 Menunjukkan sikap apresiatif terhadap gerak tari menurut tingkatan tinggi

rendah

6.1 Menanggapi dengan gerakan spontan rangsangan bunyi

6.2 Merangkaikan gerak tari sesuai iringan bunyi

6.3 Mengekspresikan diri melalui gerakan sendiri

D. Bahasa Indonesia

Standar Kompetensi

  1. Mendengarkan : Memahami wacana lisan tentang deskripsi benda-benda di sekitar dan dongeng
  2. Berbicara : Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi secara lisan dengan gambar, percakapan sederhana, dan dongeng
  3. Membaca : Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak
  4. Menulis : Menulis permulaan dengan huruf tegak bersambung melalui kegiatan dikte dan menyalin

Kompetensi Dasar

1.1 Menyebutkan isi dongeng

1.2 Mengulang deskripsi tentang benda-benda di sekitar

2.1 Melakukan percakapan sederhana dengan menggunakan kalimat dan

kosakata yang sudah dikuasai

2.2  Menjelaskan isi gambar tunggal atau seri sederhana dengan bahasa yang

mudah dimengerti

2.3  Menyampaikan rasa suka atau tidak suka tentang sesuatu hal atau kegiatan dengan Alasan sederhana

2.4  Memerankan tokoh dongeng atau cerita rakyat yang disukai dengan

ekspresi yang sesuai

3.1 Membaca lancar beberapa kalimat sederhana yang terdiri atas 3 – 5 kata

dengan intonasi yang tepat

3.2 Membaca puisi anak yang terdiri dari 2 – 4 baris dengan lafal dan intonasi

yang tepat

4.1  Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan huruf tegak bersambung

4.2  Menyalin puisi anak dengan huruf tegak bersambung

4.3  Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan huruf tegak bersambung

E. Matematika

Standar Kompetensi

  1. Mengenal bangun datar sederhana
  1. Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai dengan dua angka dalam  pemecahan masalah
  2. Menggunakan pengukuran berat.

Kompetensi Dasar

1.1 Mengenal segitiga, segi empat, dan lingkaran.

1.2 Mengelompokkan bangun datar menurut bentuknya.

2.1 Menentukan nilai tempat puluhan dan satuan

2.2 Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan dua angka.

2.3 Membilang  banyak  benda

2.4 Mengurutkan  banyak  benda.

3.1  Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan berat benda.

3.2  Menggunakan sifat oprasi pertukaran dan pengelompokkan

3.3  Membandingkan berat benda ( ringan , berat )

F. Ilmu Pengetahuan Alam

Standar Kompetensi

  1. Mengenal berbagai benda langit dan peristiwa alam ( cuaca dan musim ) serta pengaruhnya terhadap kegiatan manusia.
  2. Mengenal berbagai bentuk energi, manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari.

Kompetensi Dasar

1.1  Membedakan pengaruh musim kemarau dengan musim hujan pada kegiatan manusia.

1.2  Mengenal berbagai  benda langit melalui pengamatan

2.1  Membedakan gerak benda yang mudah bergerak dengan benda yang sulit  bergerak melalui percobaan.

2.2  Mengidentifikasi penyebab benda bergerak ( batere, per/ pegas, dorongan tangan dan magnet )

2.3  Mengidentifikasi penyebab benda benda bergerak (baterr, per/pegas, dorongan tangan, dan magnet).

2.4  Mengidentifikasi penyebab benda benda bergerak ( baterr, per/pegas, dorongan tangan, dan magnet)

G. Ilmu Pengetahuan Sosial

Standar Kompetensi

1. Mendeskripsikan lingkungan rumah.

Kompetensi Dasar

1.1 Menjelaskan lingkungan rumah sehat dan perilaku dalam menjaga

kebersihan rumah

1.2 Menceritakan  kembali peristiwa   penting.

1.3 Mendeskripsikan letak rumah .

1.4 Menjelaskan lingkungan rumah sehat dan perilaku dalam menjaga

kebersihan rumah

H. Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan

Standar Kompetensi

  1. Mempraktikkan latihan dasar ke dalam aktivitas jasmani dan nilai yang terkandung di dalamnya
  2. Membiasakan penampilan tubuh dalam berbagai posisi
  3. Mempraktikkan gerakan senam lantai sederhana dan nilai yang terkandung di dalamnya
  4. Menampilkan perasaan melalui musik dan gerak berirama serta nilai yang terkandung di dalamnya
  5. Mempraktikkan dasar – dasar pengenalan air dan nilai yang terkandung di dalamnya
  6. Mempraktikkan pengenalan lingkungan sekolah melalui aktivitas jasmani dan nilai yang terkandung di dalamnya
  7. Menerapkan budaya hidup sehat

Kompetensi Dasar

1.1  Mempraktikkan gerak dasar jalan, lari, dan lompat ke berbagai arah dengan berbagai pola dalam permainan sederhana, serta nilai kerjasama, kejujuran tanggung jawab  dan toleransi

1.2  Mempraktikkan gerak dasar memutar, mengayun, menekuk dalam permainan sederhana dan nilai kerjasama, toleransi, kejujuran, dan tanggung jawab

1.3  Mempraktikkan gerak dasar menangkap obyek berbagai ukuran dalam permainan sederhana, dan kerjasama, toleransi, kejujuran dan tanggung jawab

2.1 Membiasakan penampilan sikap tubuh dalam posisi diam

2.2 Membiasakan penampilan sikap tubuh dalam posisi bergerak / dinamis

3.1 Mempraktikkan gerak senam sederhana, serta nilai percaya diri dan

disiplin

3.2 Mempraktikkan gerak perenggangan dan pelemasan dalam kegiatan

pemanasa sederhana dengan benar serta nilai disiplin

4.1  Menampilkan gerak bebas berirama diorientasikan dengan arah mengikuti bunyi – bunyian secara individu, serta nilai estetika

4.2  Menampilkan gerak bebas berirama diorientasikan dengan arah menggunakan bunyi – bunyian secara berpasangan / kelompok kecil, serta nilai estetika

5.1  Mempraktikkan aktivitas dasar di air

5.2  Mempraktikkan gerakan senam ketangkasan sederhana berjalan dan berguling ke depan memindahkan tubuh dari satu titik ke titik yang lain dengan kontrol yang baik

6.1  Mempraktikkan pengenalan lingkungan sekolah secara beregu, dan nilai disiplin, kerjasama, dan kebersihan lingkungan

6.2  Mempraktikkan berbagai aktivitas jasmani yang menyenangkan di lingkungan sekolah, dan nilai disiplin kerja sama dan pola hidup sehat

6.3  Mempraktikkan pemanfaatan makanan dan minuman yang baik

7.1  Menjaga kesehatan gigi dan mulut

7.2  Mengenal makanan sehat

  1. 2. Kompetensi Dasar dikembangkan Menjadi Indikator

  1. A. Agama

a.   Agama Kristen

Kompetensi Dasar:

1.1 Mensyukuri alam ciptaan Allah dan isinya

Indikator:

1.1.1 Menyebutkan apa yang disebut dengan ciptaan Allah

1.1.2 Mendeskripsikan ciptaan Allah

1.1.3 Menyebutkan cara dan sikap mensyukuri ciptaan Allah

1.1.4 Menunjukkan cara dan sikap mensyukuri ciptaan Allah

1.2 Mensyukuri hidup bersama orang lain

Indikator:

1.2.1 Menjelaskan siapa yang disebut orang lain

1.2.2 Mendefinisikan apa itu orang lain

1.2.3 Menceritakan kehidupan yang dilalui bersama orang lain

1.2.4 Menyebutkan cara dan sikap mensyukuri hidup bersama orang lain

  1. b. Agama Islam

Kompetensi Dasar

1.1  Menghafal QS Al-Kautsar dengan lancar

Indikator

1.1.1 Mengikuti guru membaca QS Al-Kautsar

1.1.2 Membaca QS Al- Kautsar dengan lancar

1.1.3 Mengulang mengucapkan QS Al-Kautsar dengan lancar

1.2 Menghafal QS An-Nashr dengan lancar

Indikator

1.2.1 Mengikuti guru membaca QS An-Nashr

1.2.2 Membaca QS An-Nashr dengan lancar

1.2.3 Mengulang mengucapkan QS An –Nashr dengan lancar

1.3 Menghafal QS Al-Ashr dengan lancar

Indikator

1.3.1 Mengikuti guru membaca QS Al-Ashr

1.3.2 Membaca QS Al-Ashr dengan lancar

1.3.3 Mengulang mengucapkan QS Al-Ashr dengan lancar

2.1 Melafalkan syahadat tauhid dan syahadat rasul

Indikator

2.1.1 Mengikuti guru melafalkan syahadat tauhid dan syahadat rasul

2.1.1 Melafalkan syahadat tauhid dan syahadat rasul dengan lancar

2.2 Menghafal dua kalimat syahadat

Indikator

2.2.1 Menulis, membaca, dan menucapkan dua kalimat syahadat

2.2.2 Mengulang melafalkan dua kalimat syahadat dengan benar

2.3 Mengartikan dua kalimat syahadat

Indikator

2.3.1 Melafalkan dua kalimat syahadat dengan lancar

2.3.2 Mengartikan dan memahami makna dan arti dua kalimat syahadat

3.1 Menampilkan perilaku rajin

Indikator

3.1.1 Mendefinisikan kata perilaku

3.1.2 Mendefinisikan kata rajin

3.1.3 Mendefinisikan kata perilaku rajin

3.1.4 Menyebutkan seperti apa perilaku rajin dan contohnya sehari-hari

3.2 Menampilkan perilaku tolong-menolong

Indikator

3.2.1 Mendefinisikan kata tolong-menolong

3.2.2 Memberikan contoh perilaku tolong-menolong

3.2.3 Menjelaskan keuntungan apa yang di dapat dari perilaku tolong-

Menolong

3.3 Menampilkan perilaku hormat terhadap orang tua

Indikator

3.3.1 Mendefinisikan perilaku hormat terhadap orang tua

3.3.2 Memberikan contoh perilaku hormat terhadap orang tua

3.3.3 Menjelaskan kegunaan perilaku hormat terhadap orang tua

3.4 Menampilkan adab makan dan minum

Indikator

3.4.1 Mendefinisikan adab makan dan minum

3.4.2 Menampilkan adab makan dan minum

3.5 Menampilkan adab belajar

Indikator

3.5.1 Mendefinisikan adab belajar

3.5.2 Menampilkan adab belajar

4.1 Menyebutkan tata cara berwudhu

Indikator

4.1.1 Mendefinisikan tata cara berwudhu

4.1.2 Menyebutkan tata cara berwudhu

4.2 Mempraktekkan tata cara berwudu

Indikator

4.2.1 Menjelaskan tata cara berwudhu

4.2.2 Melakukan praktek tata cara berwudhu

  1. c. Agama Katolik

Kompetensi Dasar

1.1 Mewujudkan rasa syukur, hormat dan kasihnya kepada Allah dan sesama

Indikator

1.1.1 Menjelaskan rasa syukur, hormat dan kasih kepada Allah dan sesama

1.1.2 Menentukan rasa syukur, hormat dan kasih kepada Allah dan sesama

1.1.3 Memberikan gambaran wujud nyata rasa syukur, hormat, dan kasih

kepada Allah dan sesama

1.1.4 Memperaktekan wujud nyata rasa syukur, hormat, dan kasih kepada

Allah dan sesama dalam hal yang sederhana

1.2  Mengungkapkan syukur, hormat dan kasihnya kepada Allah melalui doa-doa

Indikator

1.2.1 Menjelaskan arti kata doa

1.2.2 Mengucapkan doa syukur, hormat dan kasih kepada Allah dengan

bahasa sendiri

  1. Agama Buddha

Kompetensi Dasar

1.1  Mendeskripsikan peristiwa kelahiran Pangeran Siddharta

Indikator

1.1.1 Membaca peristiwa kelahiran Pangeran Siddharta

1.1.2 Menceritakan peristiwa kelahiran Pangeran Siddharta dengan bahasa

sendiri

1.2  Menjelaskan ramalan petapa Asita tentang Pangeran Siddharta

Indikator

1.2.1 Menyebutkan ramalan petapa Asita tentang Pangeran Siddharta

1.2.2 Menjelaskan ramalan petapa Asita tentang Pangeran Siddharta

dengan bahasa sendiri

2.1 Menumbuhkan keyakinan (Saddha) terhadap Tuhan Yang Maha Esa

Indikator

2.1.1 Mendefinisikan kata keyakinan (Saddha)

2.1.2 Menyebutkan sikap keyakinan terhadap Tuhan Yang Maha Esa

2.1.3 Menjelaskan mengapa perlu keyakinan terhadap Tuhan Yang Maha

Esa

2.2 Mengenal sebutan Tuhan dalam agama Buddha

Indikator

2.2.1 Mendefinisikan sebutan Tuhan dalam agama Buddha

2.2.2 Menjelaskan sebutan Tuhan dalam agama

2.3 Mengenali sifat-sifat ketuhanan dalam diri Buddha dan cara Buddha

menyelamatkan Manusia

Indikator

2.3.1 Menyebutkan sifat-sifat ketuhanan dalam diri Buddha dan cara

Buddha menyelamatkan manusia

2.3.2 Mendeskripsikan sifat-sifat ketuhanan dalam diri Buddha dan cara

Buddha menyelamatkan manusia

  1. Agama Hindu

Kompetensi Dasar

1.1  Mengenal arti Tri Kaya Parisudha

Indikator

1.1.1 Menyebutkan arti Tri Kaya Parisudha

1.1.2 Mendeskripsikan Tri Kaya Parisudha

1.1.3 Memberikan contoh Tri Kaya Parisudha

1.2  Menyebutkan bagian-bagian Tri Kaya Parisudha

Indikator

1.2.1 Menyebutkan bagian-bagian Tri Kaya Parisudha

1.2.2 Mendeskripsikan bagian-bagian Tri Kaya Parisudha

1.3  Menunjukkan contoh pelaksanaan Tri Kaya Parisudha dalam kehidupan sehari-hari

Indikator

1.3.1 Menyebutkan contoh pelaksanaan Tri Kaya Parisudha

1.3.2 Memberikan contoh pelaksanaan Tri Kaya Parisudha

1.4  Melatih diri melaksanakan Tri Kaya Parisudha dalam kehidupan

Indikator

1.4.1 Menyebutkan kegunaan melaksanakan Tri Kaya parisudha

1.4.2 Melatih diri melaksanakan Tri Kaya Parisudha dalam kehidupan

2.1 Menyebutkan arti dan makna orang suci

Indikator

1.2.1 Mendefinisikan arti orang suci

1.2.2 Menjelaskan makna orang suci

1.2.3 Memberikan contoh orang suci

2.2 Menyebutkan contoh perilaku orang suci

Indikator

2.2.1 Menyebutkan contoh perilaku orang suci

2.2.2 Memberikan gambaran perilaku orang suci

2.3 Menunjukkan contoh-contoh orang suci

Indikator

2.3.1 Mendeskripsikan kehidupan orang suci

2.3.2 Menceritakan dan meneladani kehidupan orang suci

B. Pkn

Kompetensi Dasar

1.1  Menjelaskan hak anak untuk bermain, belajar dengan gembira dan didengar pendapatnya

Indikator

1.1.1        Menjelaskan hak anak untuk bermain

1.1.2        Menjelaskan hak anak untuk belajar dengan gembira

1.1.3        Menjelaskan hak anak untuk didengar pendapatnya

1.2  Melaksanakan hak anak di rumah dan di sekolah

Indikator

1.2.1        Menyebutkan hak anak di rumah

1.2.2        Menyebutkan hak-hak anak di sekolah

2.1  Mengikuti tata tertib di rumah dan di sekolah

Indikator

2.1.1 Melaksanakan tata tertib di rumah

2.1.2 Menyebutkan kegiatan di rumah pada siang hari

2.1.3 Menyebutkan kegiatan di rumah pada malam hari

2.1.4 Menjelaskan akibat tidak melaksanakan tata tertib di rumah

2.2  Melaksanakan aturan yang berlaku di masyarakat

Indikator

2.2.1 Menulis jadwal kegiatan dari bangun tidur sampai berangkat sekolah

2.2.2 Melaksanakan tata tertib di sekolah

2.2.3 Menyebutkan akibat apabila melanggar tata tertib di rumah

2.2.4 Menulis tata tertib di sekolah

2.2.5 Melaksanakan tata tertib di sekolah

2.2.6 Menyebutkan akibat apabila melanggar tata tertib di sekolah

C. Seni Budaya dan Ketrampilan

Kompetensi Dasar

1.1  Mengidentifikasi unsur rupa pada benda di alam sekitar

Indikator

1.1.1 Mengelompokkan berbagai jenis  : bidang, warna, dan bentuk pada

benda tiga dimensi di alam sekitar.

1.2  Menyatakan sikap apresiatif terhadap unsur rupa pada benda di alam sekitar

Indikator

1.2.1 Mengungkapkan perasaan tentang objek imajinatif yang diamati dari

berbagai unsur pada benda di alam sekitar.

1.2.2 Memilih objek alam yang indah dari unsur   rupa .

2.1 Mengekspresikan diri melalui karya seni gambar ekspresif

Indikator

2.1.1 Mengungkapkan suasana hati berdasarkan gambar yang dibuat

2.1.2 Menunjukkan gambar yang menonjolkan imajinatif yang dimiliki

2.2 Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa dua dimensi dengan teknik

menempel

Indikator

2.2.1 Mengungkapkan perasaan tentang objek imajinatif yang diamati dari

berbagai  unsure rupa pada karya seni buatan sendiri dan orang lain.

2.2.2 Memilih keindahan unsure-unsur rupa dari karya seni buatan sendiri

atau orang lain

3.1 Mengidentifikasi unsur/elemen musik dari berbagai sumber bunyi yang

dihasilkan alam

Indikator

3.1.1 Menentukan sumber bunyi.

3.1.2 Membedakan kuat dan lemahnya bunyi dengan gerakan/tepukan.

3.1.3 Membedakan menguat dan melemahnya bunyi dengan gerakan atau

tepukan.

3.2 Mengelompokkan bunyi berdasarkan sumber bunyi yang dihasilkan alam

Indikator

3.2.1 Menjelaskan rangkaian bunyi dan detak melalui peragaan

3.2.2 Melakukan pengelompokan dengan peragaan alat-alat yang dihsilkan

Alam

3.2.3 Melakukan eksperimen dengan memukul atau mencatok benda

yang ada hingga menghasilkan bunyi

3.3 Mengidentifikasi irama dan melodi sederhana

Indikator

3.3.1 Menyebutlkan nada-nada yang sama tingginya dari melodi yang

diperdengarkan.

3.3.2 Menyebutkan nada-nada yang berbeda tinggi rendahnya dan panjang

pendeknya dalam melodi yang diperdengarkan.

4.1 Menampilkan permainan pola irama dan melodi sederhana

Indikator

4.1.1 Menunjukkan dengan menyuarakan bagian melodi glissando

4.2 Memeragakan dinamik sederhana

Indikator

4.2.1 Menyanyikan lagu sesuai dengan tanda dinamiknya.

4.2.2 Mengungkapkan perasaan yang dialami tentang perubahan dinamik

pada lagu secara lisan.

4.3 Mengekspresikan diri melalui vocal, alat musik atau sumber bunyi

Sederhana

Indikator

4.3.1 Menunjukkan kesesuaian gerakan dan tepukan dengan rangkaian

bunyi yang diperagakan.

4.3.2 Menunjukkan dengan memeragakan tepukan atau gerakan sesuai

dengan lagu.

4.3.3 Memainkan alat musik sederhana.

4.3.4 Menyanyikan lagu dengan syair yang benar.

4.4 Menyanyikan lagu anak-anak dan lagu wajib

Indikator

4.4.1 Menyanyikan lagu anak-anak

4.4.2 Menyanyikan lagu wajib

5.1 Mengidentifikasi fungsi tubuh dalam melaksanakan gerak berpindah

Tempat

Indikator

5.1.1 Menyebutkan bermacam-macam gerak berpindah tempat

berdasarkan fungsinya.

5.1.2 Mengidentifikasi gerak kaki dan tangan sesuai dengan fungsinya.)

5.2 Menampilkan gerak tari menurut tingkatan tinggi rendah

Indikator

5.2.1 Melakukan tarian pendek secara perorangan.

5.2.2 Memperagakan tarian pendek secara kelompok.

5.3 Menunjukkan sikap apresiatif terhadap gerak tari menurut tingkatan tinggi

Rendah

Indikator

5.3.1 Menunjukkan tarian pendek secara perorangan sesuai irama musik

5.3.2 Menunjukkan tarian pendek secara kelompok sesuai irama musik

6.1 Menanggapi dengan gerakan spontan rangsangan bunyi

Indikator

6.1.1 Melakukan gerakan tari dengan iringan tepukan / hitungan

6.1.2 Melakukan gerakan tari dengan musik/nyanyian.

6.2 Merangkaikan gerak tari sesuai iringan bunyi

Indikator

6.2.1 Menunjukkan kesesuaian gerak antar sesama penari dengan iringan

musik.

6.2.2 Menunjukan gerak tari sesuai iringan musik

6.3 Mengekspresikan diri melalui gerakan sendiri

Indikator

6.3.1 Melakukan gerakan sesuai suasana hati

6.3.2 Mengeekspresikan diri melalui gerakan tari

D. Bahasa Indonesia

Kompetensi Dasar

1.1 Menyebutkan isi dongeng

Indikator

1.1.1        Menjawab pertanyaan dan menjelaskan isi dongeng

1.1.2        Mengemukakan sifat tokoh dalam dongeng

1.2 Mengulang deskripsi tentang benda-benda di sekitar

Indikator

1.2.1        Menirukan atau mengulang deskripsi benda-benda sesuai dengan deskripsi guru

1.2.2        Mendeskeripsikan benda-benda lain dengan bimbingan guru

2.1 Melakukan percakapan sederhana dengan menggunakan kalimat dan

kosakata yang sudah dikuasai

Indikator

2.1.1    Melakukan percakapan sederhana sesuai tema

2.1.2    Menyampaikan hal-hal yang di minati, di inginkan, dan di cita

citakan dengan percaya diri

2.2 Menjelaskan isi gambar tunggal atau seri sederhana dengan bahasa yang

mudah dimengerti

Indikator

2.2.1        Menjelaskan isi gambar tunggal atau gambar seri

2.2.2        Memperagakan isi gambar

2.3  Menyampaikan rasa suka atau tidak suka tentang sesuatu hal atau kegiatan dengan Alasan sederhana

Indikator

2.3.1        Mengungkapkan perasaan suka atau tidak suka pada benda atau suatu benda

2.3.2        Memberikan alasan mengapa suatu benda dan kegiatan disukai atau tidak disukai

2.4  Memerankan tokoh dongeng atau cerita rakyat yang disukai dengan

ekspresi yang sesuai

Indikator

2.4.1    Melakukan percakapan/dialog sederhana sesuai dengan tema   secara berpasangan

2.4.2    Membuat percakapan sesuai gambar

3.1 Membaca lancar beberapa kalimat sederhana yang terdiri atas 3 – 5 kata

dengan intonasi yang tepat

Indikator

3.1.1 Membaca lantang dengan lafal dan intonasi yang tepat

3.1.2 Menceritakan kembali isi bacaan

3.2 Membaca puisi anak yang terdiri dari 2 – 4 baris dengan lafal dan intonasi

yang tepat

Indikator

3.2.1 Membaca puisi dengan ekspresi yang benar

3.2.2 Menceritakan kembali isi bacaan

3.2.3 Membaca lantang dengan lafal dan intonasi yang tepat

4.1  Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan huruf tegak bersambung

Indikator

4.1.1        Menyalin kalimat

4.1.2        Menulis kalimat sesuia dengan yang didiktekkan guru

4.2  Menyalin puisi anak dengan huruf tegak bersambung

Indikator

4.2.1        Menuliskan kata pada kalimat yang belum lengkap sesuai gambar

4.2.2        Menyalin syair lagu

4.3  Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan huruf tegak bersambung

Indikator

4.3.1        Menyalin kalimat sesuai contoh

4.3.2        Melengkapi kalimat sesuai gambar

4.3.3        Menulis kalimat sesuai yang didiktekan guru

E. Matematika

Kompetensi Dasar

1.1 Mengenal segitiga, segi empat, dan lingkaran.

Indikator:

1.1.1 Menunjukkan benda-benda yang secara geometris berbentuk

segitiga, segiempat dan lingkaran.

1.1.2 Menyebutkan cirri-ciri segitiga, segiempat, dan lingkaran ditinjau

dari banyak sisinya.

1.2 Mengelompokkan bangun datar menurut bentuknya.

Indikator:

1.2.1 Menjiplak berbagai bentuk segitiga, segiempat, dan lingkaran.

1.2.2 Mengelompokkan berbagai bentuk segitiga, segiempat, dan

lingkaran, menurut bentuk, permukaan, warna, atau cirri lainnya.

2.1 Menentukan nilai tempat puluhan dan satuan

Indikator:

2.1.1 Menuliskan bilangan 2 angka dalam bentuk penjumlahan puluhan

dan satuan.

2.1.2Menentukan nilai tempat puluhan dan satuan.

2.2 Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan dua angka.

Indikator:

2.2.1 Menjumlah 2 bilangan dengan tanpa menyimpan

2.2.2 Penjumlahan bilangan  secara bersusun pendek ( 2 angka dengan 1

angka tanpa menyimpan )

2.2.3 Penjumlahan secara bersusun panjang.

2.2.4 Menjumlah 2 bilangan dua angka

2.2.5 Menjumlah 2 bilangan dua angka, salah satu bilangan kelipatan 10.

2.2.6 Menyelesaikan soal cerita yang mengandung penjumlahan

2.2.7 Mengurangkan  bersususn 2 bilangan  satu angka.

2.2.8 Mengurangkan bilangan 2 angka dengan 1 angka dengan cara

bersususn tanpa teknik meminjam.

2.2.9 Mengurangkan bilangan 2 angka dengan 1 angka cara bersusun

pendek.

2.2.10 Mengurangkan 2 bilangan 2 angka kedua bilangan kelipatan  10.

2.2.11 Mengurangkan 2 bilangan 2 angka kedua bilangan bukan kelipatan

10.

2.2.12 Menyelesaikan soal cerita yang mengandung pengurangan

2.2.13 Memecahkan masalah sehari-hari yang mengandung penjumlahan

dan pengurangan

2.3 Membilang  banyak  benda

Indikator:

2.3.1 Menyebut banyak benda

2.3.2 Membandingkan dua kelompok benda melalui istilah lebih banyak ,

lebih sedikit dan sama dengan/

2.3.3 Membaca dan menulis lambang bilangan 21 sampai 50.

2.4 Mengurutkan  banyak  benda.

Indikator:

2.4.1 Mengurutkan sekelompok bilangan yang berpola teratur dari yang

terkecil.

2.4.2 Mengurutkan sekelompok bilangan yang berpola teratur dari yang

terbesar.

2.4.3 Membilang loncat 2,3,4,5 dan lainnya.

3.1 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan berat benda.

Indikator:

3.1.1 Melakukan pengukuran berat dengan satuan tak baku.

3.1.2 Mengukur dan membandingkan berat benda secara langsung.

3.1.3 Mengukur dan membandingkan berat benda dengan satuan tak baku.

3.2 Menggunakan sifat oprasi pertukaran dan pengelompokkan

Indikator:

3.2.1 Menggunakan sifat operasi hitung pertukaran dan pengelompokkan

untuk mempermudah perhitungan penjumlahan dan pengurangan.

3.2.2 Menggunakan sifat operasi hitung pertukaran dan pengelempokkan

dalam kehidupan sehari-hari

3.3 Membandingkan berat benda ( ringan , berat )

Indikator:

3.3.1 Mengenal berat benda melalui kegiatan sehari-hari.

3.3.2 Memberi contoh benda yang berat dan ringan.

3.3.3 Mengukur berat benda dengan satuan tak baku.

3.3.4 Menunjukkan perbedaan hasil-hasil pengukuran berat dengan satuan

tak baku..

F. Ilmu Pengetahuan Alam

Kompetensi Dasar

1.1  Membedakan pengaruh musim kemarau dengan musim hujan pada kegiatan manusia.

Indikator:

1.1.1 Menceritakan pakaian yang sesuai pada musim panas dan musim

hujan.

1.1.2 Menyebutkan jenis makanan yang banyak dikonsumsi pada saat

musim hujan maupun musim kemarau.

1.1.3 Membandingkan cirri-ciri musim kemarau dan musim hujan pada

lahan dan kegiatan manusia.

1.1.4 Menyebutkan kegiatan yang dapat mengatasi masalah pada musim

hujan dan musim kemarau..

1.2  Mengenal berbagai  benda langit melalui pengamatan

Indikator:

1.2.1 Menceritakan tanda-tanda akan turun hujan

1.2.2 Menjelaskan keuntungan musim hujan.

1.2.3 Menyebutkan kerugian yang terjadi bila musim hujan tiba

1.2.4 Menceritakan tanda-tanda musim kemarau.

1.2.5 Menjelaskan perbedaan dari suhu pada musim hujan dan musim

kemarau.

1.2.6 Menceritakan benda-benda langit yang terlihat pada waktu siang dan

malam hari.

1.2.7 Menggambar benda langit yang dapat terlihat pada waktu malam dan

siang hari.

1.2.8 Menceritakan jenis binatang yang keluar pada siang dan malam hari.

2.1  Membedakan gerak benda yang mudah bergerak dengan  benda yang sulit  bergerak melalui percobaan.

Indikator:

2.1.1 Memperagakan cara menggerakkan benda

2.1.2 Menyebutkan bentuk gerak.

2.1.3 Membandingkan bentuk benda yang mudah bergerak dan sulit

bergerak.

2.1.4 Menyebutkan benda yang mudah bergerak.

2.1.5 Menyebutkan benda yang sulit bergerak.

2.2  Mengidentifikasi penyebab benda bergerak ( batere, per/ pegas, dorongan tangan dan magnet )

Indikator:

2.2.1 Menjelaskan penyebab gerak.

2.2.2 Menunjukkan batere, pegas, dorongan tangan, magnet sebagai

sumber energi gerak.

2.2.3 Melakukan percobaan dan pembuktian dari sumber energi gerak.

2.2.4 Mencontohkan listrik dan panas sebagai keguanaan energi

2.2.5 Menyebutkan alat-alat rumah tangga yang menggunakan energi

listrik.

2.2.6 Menyebutkan alat-alat rumah tangga yang tidak menggunakan energi

listrik

2.2.7 Menyebutkan energi yang paling banyak digunakan dalam

kehidupan sehari-hari.

2.2.8 Menyebutkan energi alternative yang digunakan oleh masyarakat.

G. Ilmu Pengetahuan Sosial

Kompetensi Dasar

1.1  Menjelaskan lingkungan rumah sehat dan perilaku dalam menjaga

kebersihan rumah

Indikator:

1.1.1 Menjelaskan manfaat menjaga kebersihan rumah

1.1.2 Menyebutkan akibat dari tidak menjaga kebersihan.

1.1.3 Menceritakan perilaku dalam menjaga kebersihan rumah

1.1.4 Menyebutkan peralatan untuk menjaga kebersihan.

1.1.5 Membandingkan rumah sehat dan tidak sehat

1.1.6 Menyebutkan cirri-ciri rumah sehat

1.1.7 Menyebutkan cirri-ciri rumah tidak sehat.

1.2 Menceritakan kembali peristiwa  penting.

Indikator:

1.2.1 Menyebutkan peristiwa yang pernah dialami berdasarkan cerita

orang tua atau orang lain.

1.2.2 Menyebutkan peristiwa yang pernah terjadi di lingkungan keluarga

berdasarkan cerita orang  tua / orang lain.

1.2.3 Menyebutkan peristiwa yang pernah dialami.

1.2.4 Menyebutkan peristiwa yang menyenangkan yang pernah dialami.

1.3 Mendeskripsikan letak rumah.

Indikator:

1.3.1 Mengidentifikasi ruang dalam rumah

1.3.2 Menceritakan fungsi dari tiap ruangan dalam rumah.

1.3.3 Menggambar denah rumah sendiri

1.3.4 Menjelaskan denah rumah sendiri

H. Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan

Kompetensi Dasar

1.1  Mempraktikkan gerak dasar jalan, lari, dan lompat ke berbagai arah dengan berbagai pola dalam permainan sederhana, serta nilai kerjasama, kejujuran tanggung jawab  dan toleransi

Indikator

1.1.1        Melakukan gerak dasar jalan :

  • jalan di tempat
  • berjalan ke berbagai arah
  • melatih keseimbangan

1.1.2        Melakukan gerak dasar lari :

  • lari di tempat
  • lari pelan-pelan
  • lari ke berbagai arah
  • lari berbelok-belok
  • lari memindahkan bola
  • permainan elang dan anak ayam

1.1.3        Melakukan gerak dasar lompat :

  • lompat tali
  • lompat rintangan
  • lompat meraih balon
  • lompat rintangan dalam lingkaran
  • lompat melewati rintangan

Dengan berbagai variasi arah dan gerak serta melakukan gerakan

secara individu,berpasangan maupun beregu.

1.2  Mempraktikkan gerak dasar memutar, mengayun, menekuk dalam permainan sederhana dan nilai kerjasama, toleransi, kejujuran, dan tanggung jawab

Indikator

1.2.1        Gerak dasar mengayun :

  • mengayun lengan
  • mengayun badan di palang tunggal

Dengan berbagai variasi arah dan gerak serta melakukan gerakan secara individu, berpasangan maupun beregu.

1.3  Mempraktikkan gerak dasar menangkap obyek berbagai ukuran dalam permainan sederhana, dan kerjasama, toleransi, kejujuran dan tanggung jawab

Indikator

1.3.1 Melakukan gerakan :

  • lempar dan menangkap balon
  • lempar bola dasar dari plastik
  • lempar tangkap bola dari bawah
  • lempar tangkap bola dari atas

Dengan bebagai variasi arah dan gerak serta melakukan gerakan

secara individu, berpasangan maupun beregu.

2.1 Membiasakan penampilan sikap tubuh dalam posisi diam

Indikator

2.1.1 Melakukan gerak :

  • sikap siap
  • sikap istirahat
  • sikap hormat
  • sikap lencang depan
  • sikap lencang kanan

Dengan berbagai variasi arah dan gerak serta malakukan gerakan secara individu, berpasangn maupun beregu

2.2 Membiasakan penampilan sikap tubuh dalam posisi bergerak / dinamis

Indikator

2.2.1 Melakukan gerak :

  • jalan di tempat
  • jalan ke depan
  • langkah ke samping

Dengan berbagai variasi arah dan gerak serta malakukan gerakan secara individu, berpasangn maupun beregu

3.1 Mempraktikkan gerak senam sederhana, serta nilai percaya diri dan

Disiplin

Indikator

3.1.1 Melakukan:

  • gerakan memutar tangan
  • gerakan lompat di tempat
  • gerakan memutar badan

3.2 Mempraktikkan gerak perenggangan dan pelemasan dalam kegiatan

pemanasa sederhana dengan benar serta nilai disiplin

Indikator

3.2.1 Melakukan gerakan pergangan dan pelemasan

  • leher, bahu, dada, lengan, kaki
  • persendian pinggang

4.1  Menampilkan gerak bebas berirama diorientasikan dengan arah mengikuti bunyi – bunyian secara individu, serta nilai estetika

Indikator

4.1.1 Melakukan latihan:

gerak dasar berirama individu

  • gerak dan lagu
  • langkah satu

4.2  Menampilkan gerak bebas berirama diorientasikan dengan arah menggunakan bunyi – bunyian secara berpasangan / kelompok kecil, serta nilai estetika

Indikator

4.2.1 Melakukan latihan gerak:

  • jalan berirama
  • langkah satu

5.1  Mempraktikkan aktivitas dasar di air

Indikator

5.1.1 Melakukan:

  • duduk di pinggir kolam dangkal
  • meloncat – loncat di air dangkal

5.2  Mempraktikkan gerakan senam ketangkasan sederhana berjalan dan berguling ke depan memindahkan tubuh dari satu titik ke titik yang lain dengan kontrol yang baik

Indikator

5.2.1 Melakukan:

  • injak – injak air
  • berjalan di dalam air

6.1  Mempraktikkan pengenalan lingkungan sekolah secara beregu, dan nilai disiplin, kerjasama, dan kebersihan lingkungan

Indikator

6.1.1 Melakukan :

  • keliling sekolah
  • jalan beregu

6.2  Mempraktikkan berbagai aktivitas jasmani yang menyenangkan di lingkungan sekolah, dan nilai disiplin kerja sama dan pola hidup sehat

Indikator

6.2.1 Melakukan:

  • bermain di halaman sekolah
  • lompat tali

6.3  Mempraktikkan pemanfaatan makanan dan minuman yang baik

Indikator

6.3.1 Makanan yang bersih / layak

6.3.2 Minuman yang dianjurkan

7.1  Menjaga kesehatan gigi dan mulut

Indikator

7.1.1 Menjaga kebersihan gigi

7.1.2 Menyikat gigi

7.2  Mengenal makanan sehat

Indikator

7.2.1 Menjelaskan ciri – ciri makan sehat

7.2.2 Memilih makan saat jajan

7.2.3 Makan yang tidak tertutup

3.   Kelompok Indikator sesuai tema dan judul tema

Tema: Budi Pekerti

Agama:

Kristen Protestan

  • Menceritakan kehidupan yang dilalui bersama orang lain
  • Menyebutkan cara dan sikap mensyukuri hidup bersama orang lain

Islam

  • Mendefinisikan kata tolong-menolong
  • Memberikan contoh perilaku tolong-menolong
  • Menjelaskan keuntungan apa yang di dapat dari perilaku tolong-menolong
  • Mendefinisikan kata perilaku
  • Mendefinisikan kata rajin
  • Mendefinisikan kata perilaku rajin
  • Menyebutkan seperti apa perilaku rajin dan contohnya sehari-hari

Katolik

  • Menjelaskan rasa syukur, hormat dan kasih kepada Allah dan sesama
  • Menentukan rasa syukur, hormat dan kasih kepada Allah dan sesama
  • Mengucapkan doa syukur, hormat dan kasih kepada Allah dengan bahasa sendiri
  • Memberikan gambaran wujud nyata rasa syukur, hormat, dan kasih kepada Allah dan sesama
  • Memperaktekan wujud nyata rasa syukur, hormat, dan kasih kepada Allah dan sesama dalam hal yang sederhana

Buddha

  • Menyebutkan sifat-sifat ketuhanan dalam diri Buddha dan cara Buddha menyelamatkan manusia
  • Mendeskripsikan sifat-sifat ketuhanan dalam diri Buddha dan cara Buddha menyelamatkan manusia
  • Mendefinisikan kata keyakinan (Saddha)
  • Menyebutkan sikap keyakinan terhadap Tuhan Yang Maha Esa
  • Menjelaskan mengapa perlu keyakinan terhadap Tuhan Yang Maha Esa

Hindu

  • Menyebutkan contoh perilaku orang suci
  • Memberikan gambaran perilaku orang suci
  • Menyebutkan contoh pelaksanaan Tri Kaya Parisudha
  • Memberikan contoh pelaksanaan Tri Kaya Parisudha
  • Menyebutkan kegunaan melaksanakan Tri Kaya parisudha
  • Melatih diri melaksanakan Tri Kaya Parisudha dalam kehidupan

Pkn

  • Melaksanakan tata tertib di rumah
  • Menyebutkan kegiatan di rumah pada siang hari
  • Menyebutkan kegiatan di rumah pada malam hari
  • Menjelaskan akibat tidak melaksanakan tata tertib di rumah

Seni Budaya dan Ketrampilan

  • Mengelompokkan berbagai jenis  : bidang, warna, dan bentuk pada benda tiga dimensi di alam sekitar.
  • Mengungkapkan perasaan tentang objek imajinatif yang diamati dari berbagai unsur pada benda di alam sekitar.
  • Memilih objek alam yang indah dari unsur   rupa .
  • Mengungkapkan suasana hati berdasarkan gambar yang dibuat
  • Menunjukkan gambar yang menonjolkan imajinatif yang dimiliki
  • Mengungkapkan perasaan tentang objek imajinatif yang diamati dari berbagai  unsure rupa pada karya seni buatan sendiri dan orang lain.
  • Memilih keindahan unsure-unsur rupa dari karya seni buatan sendiri atau orang lain

Bahasa Indonsesia

  • Menjawab pertanyaan dan menjelaskan isi dongeng
  • Mengemukakan sifat tokoh dalam dongeng
  • Menirukan atau mengulang deskripsi benda-benda sesuai dengan deskripsi guru
  • Mendeskeripsikan benda-benda lain dengan bimbingan guru
  • Melakukan percakapan sederhana sesuai tema
  • Menyampaikan hal-hal yang di minati, di inginkan, dan di cita citakan dengan percaya diri

Matematika

  • Menunjukkan benda-benda yang secara geometris berbentuk segitiga, segiempat dan lingkaran.
  • Menjiplak berbagai bentuk segitiga, segiempat, dan lingkaran.
  • Menjumlah 2 bilangan dengan tanpa menyimpan
  • Penjumlahan bilangan  secara bersusun pendek ( 2 angka dengan 1 angka tanpa menyimpan )
  • Penjumlahan secara bersusun panjang.
  • Menuliskan bilangan 2 angka dalam bentuk penjumlahan puluhan dan satuan.
  • Mengenal berat benda melalui kegiatan sehari-hari.
  • Memberi contoh benda yang berat dan ringan.

Ilmu Pengetahuan Alam

  • Menceritakan tanda-tanda musim kemarau.
  • Menjelaskan perbedaan dari suhu pada musim hujan dan musim kemarau.
  • Menceritakan benda-benda langit yang terlihat pada waktu siang dan malam hari.
  • Menggambar benda langit yang dapat terlihat pada waktu malam dan siang hari.
  • Menceritakan jenis binatang yang keluar pada siang dan malam hari.

Ilmu Pengetahuan Sosial

  • Membandingkan rumah sehat dan tidak sehat
  • Menyebutkan cirri-ciri rumah sehat
  • Menyebutkan cirri-ciri rumah tidak sehat.
  • Menyebutkan peristiwa yang pernah dialami berdasarkan cerita orang tua atau orang lain.

Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan

  • Melakukan:
    • gerakan memutar tangan
    • gerakan lompat di tempat
    • gerakan memutar badan
    • leher, bahu, dada, lengan, kaki persendian pinggang
    • jalan berirama
    • langkah satu
    • gerak dasar berirama individu
    • gerak dan lagu
    • langkah satu
  • Melakukan gerakan pergangan dan pelemasan
  • Melakukan latihan gerak:
  • Melakukan latihan:

Tema: Keluarga

Agama

Kristen Protestan

  • Menjelaskan siapa yang disebut orang lain
  • Mendefinisikan apa itu orang lain

Islam

  • Mendefinisikan perilaku hormat terhadap orang tua
  • Memberikan contoh perilaku hormat terhadap orang tua
  • Menjelaskan kegunaan perilaku hormat terhadap orang tua
  • Melafalkan dua kalimat syahadat dengan lancar
  • Mengartikan dan memahami makna dan arti dua kalimat syahadat
  • Menulis, membaca, dan menucapkan dua kalimat syahadat
  • Mengulang melafalkan dua kalimat syahadat dengan benar
  • Mendefinisikan adab belajar
  • Menampilkan adab belajar

Katolik

  • Menjelaskan arti kata doa
  • Mengucapkan doa syukur, hormat dan kasih kepada Allah dengan bahasa sendiri

Buddha

  • Mendefinisikan kata keyakinan (Saddha)
  • Menyebutkan sikap keyakinan terhadap Tuhan Yang Maha Esa
  • Menjelaskan mengapa perlu keyakinan terhadap Tuhan Yang Maha Esa
  • Mendefinisikan sebutan Tuhan dalam agama Buddha Menjelaskan sebutan Tuhan dalam agama

Hindu

  • Mendefinisikan arti orang suci
  • Menjelaskan makna orang suci
  • Memberikan contoh orang suci
  • Mendeskripsikan kehidupan orang suci
  • Menceritakan dan meneladani kehidupan orang suci
  • Menyebutkan contoh perilaku orang suci
  • Memberikan gambaran perilaku orang suci

Pkn

  • Menyebutkan hak anak di rumah
  • Menjelaskan hak anak untuk bermain
  • Menjelaskan hak anak untuk belajar dengan gembira
  • Menjelaskan hak anak untuk didengar pendapatnya

Seni Budaya dan Ketrampilan

  • Menentukan sumber bunyi.
  • Membedakan kuat dan lemahnya bunyi dengan gerakan/tepukan.
  • Membedakan menguat dan melemahnya bunyi dengan gerakan atau tepukan.
  • Menjelaskan rangkaian bunyi dan detak melalui peragaan
  • Melakukan pengelompokan dengan peragaan alat-alat yang dihsilkan Alam
  • Melakukan eksperimen dengan memukul atau mencatok benda yang ada hingga menghasilkan bunyi
  • Menyebutlkan nada-nada yang sama tingginya dari melodi yang diperdengarkan.
  • Menyebutkan nada-nada yang berbeda tinggi rendahnya dan panjang pendeknya dalam melodi yang diperdengarkan.
  • Menunjukkan kesesuaian gerak antar sesama penari dengan iringan musik.
  • Menunjukan gerak tari sesuai iringan musik

Bahasa Indonsesia

  • Menjelaskan isi gambar tunggal atau gambar seri
  • Memperagakan isi gambar
  • Mengungkapkan perasaan suka atau tidak suka pada benda atau suatu benda
  • Memberikan alasan mengapa suatu benda dan kegiatan disukai atau tidak disukai
  • Melakukan percakapan/dialog sederhana sesuai dengan tema   secara berpasangan

Matematika

  • Mengelompokkan berbagai bentuk segitiga, segiempat, dan lingkaran, menurut bentuk, permukaan, warna, atau cirri lainnya.
  • Menentukan nilai tempat puluhan dan satuan.
  • Menjumlah 2 bilangan dua angka
  • Menjumlah 2 bilangan dua angka, salah satu bilangan kelipatan 10.
  • Menggunakan sifat operasi hitung pertukaran dan pengelempokkan dalam kehidupan sehari-hari
  • Menggunakan sifat operasi hitung pertukaran dan pengelompokkan untuk mempermudah perhitungan penjumlahan dan pengurangan.
  • Menyelesaikan soal cerita yang mengandung penjumlahan
  • Mengurangkan  bersususn 2 bilangan  satu angka.
  • Mengurangkan bilangan 2 angka dengan 1 angka dengan cara bersusun tanpa teknik meminjam.

Ilmu Pengetahuan Alam

  • Menceritakan pakaian yang sesuai pada musim panas dan musim hujan.
  • Menyebutkan jenis makanan yang banyak dikonsumsi pada saat musim hujan maupun musim kemarau.
  • Membandingkan cirri-ciri musim kemarau dan musim hujan pada lahan dan kegiatan manusia.
  • Menyebutkan kegiatan yang dapat mengatasi masalah pada musim hujan dan musim kemarau..
  • Menceritakan tanda-tanda akan turun hujan
  • Menjelaskan keuntungan musim hujan.
  • Menyebutkan kerugian yang terjadi bila musim hujan tiba

Ilmu Pengetahuan Sosial

  • Menjelaskan manfaat menjaga kebersihan rumah
  • Menyebutkan akibat dari tidak menjaga kebersihan.
  • Menceritakan perilaku dalam menjaga kebersihan rumah
  • Menyebutkan peralatan untuk menjaga kebersihan.

Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan

  • Melakukan gerak dasar jalan :
    • jalan di tempat
    • berjalan ke berbagai arah
    • melatih keseimbangan
    • lari di tempat
    • lari pelan-pelan
    • lari ke berbagai arah
    • lari berbelok-belok
    • lari memindahkan bola
    • permainan elang dan anak ayam
    • lompat tali
    • lompat rintangan
    • lompat meraih balon
    • lompat rintangan dalam lingkaran
    • lompat melewati rintangan
  • Melakukan gerak dasar lari :
  • Melakukan gerak dasar lompat :

Dengan berbagai variasi arah dan gerak serta melakukan gerakan secara individu,berpasangan maupun beregu.

  • Gerak dasar mengayun :
  • mengayun lengan
  • mengayun badan di palang tunggal

Dengan berbagai variasi arah dan gerak serta melakukan gerakan secara individu, berpasangan maupun beregu.

  • Melakukan gerakan :
    • lempar dan menangkap balon
    • lempar bola dasar dari plastik
    • lempar tangkap bola dari bawah
    • lempar tangkap bola dari atas

Dengan bebagai variasi arah dan gerak serta melakukan gerakan secara individu, berpasangan maupun beregu.

Tema: Kebersihan

Agama:

Kristen Protestan

  • Menyebutkan cara dan sikap mensyukuri ciptaan Allah
  • Menunjukkan cara dan sikap mensyukuri ciptaan Allah

Islam

  • Mengikuti guru membaca QS Al-Kautsar
  • Membaca QS Al- Kautsar dengan lancar
  • Mengulang mengucapkan QS Al-Kautsar dengan lancar
  • Mengikuti guru membaca QS An-Nashr
  • Membaca QS An-Nashr dengan lancar
  • Mengulang mengucapkan QS An –Nashr dengan lancar
  • Mengikuti guru membaca QS Al-Ashr
  • Membaca QS Al-Ashr dengan lancar
  • Mengulang mengucapkan QS Al-Ashr dengan lancar
  • Mendefinisikan adab makan dan minum
  • Menampilkan adab makan dan minum

Katolik

  • Memberikan gambaran wujud nyata rasa syukur, hormat, dan kasih kepada Allah dan sesama
  • Memperaktekan wujud nyata rasa syukur, hormat, dan kasih kepada Allah dan sesama dalam hal yang sederhana

Buddha

  • Menyebutkan ramalan petapa Asita tentang Pangeran Siddharta
  • Menjelaskan ramalan petapa Asita tentang Pangeran Siddharta dengan bahasa sendiri
  • Membaca peristiwa kelahiran Pangeran Siddharta
  • Menceritakan peristiwa kelahiran Pangeran Siddharta dengan bahasa sendiri

Hindu

  • Menyebutkan arti Tri Kaya Parisudha
  • Mendeskripsikan Tri Kaya Parisudha
  • Memberikan contoh Tri Kaya Parisudha
  • Menyebutkan bagian-bagian Tri Kaya Parisudha
  • Mendeskripsikan bagian-bagian Tri Kaya Parisudha

Pkn

  • Menyebutkan hak-hak anak di sekolah
  • Melaksanakan tata tertib di sekolah
  • Menulis tata tertib di sekolah
  • Menyebutkan akibat apabila melanggar tata tertib di rumah

Seni Budaya dan Ketrampilan

  • Menunjukkan dengan menyuarakan bagian melodi glissando
  • Menyanyikan lagu sesuai dengan tanda dinamiknya.
  • Mengungkapkan perasaan yang dialami tentang perubahan dinamik pada lagu secara lisan.
  • Memainkan alat musik sederhana.
  • Menyanyikan lagu dengan syair yang benar.
  • Melakukan gerakan tari dengan iringan tepukan / hitungan
  • Melakukan gerakan tari dengan musik/nyanyian.
  • Menyanyikan lagu anak-anak
  • Menyanyikan lagu wajib
  • Menunjukkan kesesuaian gerakan dan tepukan dengan rangkaian bunyi yang diperagakan.
  • Menunjukkan dengan memeragakan tepukan atau gerakan sesuai dengan lagu.

Bahasa Indonsesia

  • Membuat percakapan sesuai gambar
  • Membaca lantang dengan lafal dan intonasi yang tepat
  • Menceritakan kembali isi bacaan
  • Menceritakan kembali isi bacaan
  • Membaca puisi dengan ekspresi yang benar

Matematika

  • Mengurangkan bilangan 2 angka dengan 1 angka cara bersusun pendek.
  • Mengurangkan 2 bilangan 2 angka kedua bilangan kelipatan  10.
  • Mengurangkan 2 bilangan 2 angka kedua bilangan bukan kelipatan 10.
  • Menyelesaikan soal cerita yang mengandung pengurangan
  • Menyebut banyak benda
  • Membandingkan dua kelompok benda melalui istilah lebih banyak , lebih sedikit dan sama dengan/
  • Membaca dan menulis lambang bilangan 21 sampai 50.
  • Memecahkan masalah sehari-hari yang mengandung penjumlahan dan pengurangan

Ilmu Pengetahuan Alam

  • Memperagakan cara menggerakkan benda
  • Menyebutkan bentuk gerak.
  • Membandingkan bentuk benda yang mudah bergerak dan sulit bergerak.
  • Menyebutkan benda yang mudah bergerak.
  • Menyebutkan benda yang sulit bergerak.
  • Menjelaskan penyebab gerak.
  • Menunjukkan batere, pegas, dorongan tangan, magnet sebagai sumber energi gerak.

Ilmu Pengetahuan Sosial

  • Menyebutkan peristiwa yang pernah terjadi di lingkungan keluarga berdasarkan cerita orang  tua / orang lain.
  • Menyebutkan peristiwa yang pernah dialami.
  • Menyebutkan peristiwa yang menyenangkan yang pernah dialami.

Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan:

  • Melakukan :
  • keliling sekolah
  • jalan beregu
  • bermain di halaman sekolah
  • lompat tali
  • Melakukan:
  • Makanan yang bersih / layak
  • Minuman yang dianjurkan
  • Menjelaskan ciri – ciri makan sehat
  • Memilih makan saat jajan
  • Makan yang tidak tertutup
  • Menjaga kebersihan gigi
  • Menyikat gigi

Tema: Transportasi

Agama:

Kristen Protestan

  • Menyebutkan apa yang disebut dengan ciptaan Allah
  • Mendeskripsikan ciptaan Allah

Islam

  • Melafalkan dua kalimat syahadat dengan lancar
  • Mengartikan dan memahami makna dan arti dua kalimat syahadat
  • Mendefinisikan tata cara berwudhu
  • Menyebutkan tata cara berwudhu
  • Menjelaskan tata cara berwudhu
  • Melakukan praktek tata cara berwudhu
  • Mengikuti guru melafalkan syahadat tauhid dan syahadat rasul
  • Melafalkan syahadat tauhid dan syahadat rasul dengan lancar

Katolik

  • Memberikan gambaran wujud nyata rasa syukur, hormat, dan kasih kepada Allah dan sesama
  • Memperaktekan wujud nyata rasa syukur, hormat, dan kasih kepada Allah dan sesama dalam hal yang sederhana

Buddha

  • Menyebutkan ramalan petapa Asita tentang Pangeran Siddharta
  • Menjelaskan ramalan petapa Asita tentang Pangeran Siddharta dengan bahasa sendiri
  • Menyebutkan sifat-sifat ketuhanan dalam diri Buddha dan cara Buddha menyelamatkan manusia
  • Mendeskripsikan sifat-sifat ketuhanan dalam diri Buddha dan cara Buddha menyelamatkan manusia

Hindu

  • Mendeskripsikan kehidupan orang suci
  • Menceritakan dan meneladani kehidupan orang suci
  • Menyebutkan contoh perilaku orang suci
  • Memberikan gambaran perilaku orang suci

Pkn

  • Menyebutkan akibat apabila melanggar tata tertib di rumah
  • Menulis tata tertib di sekolah
  • Melaksanakan tata tertib di sekolah
  • Menyebutkan akibat apabila melanggar tata tertib di sekolah
  • Menulis jadwal kegiatan dari bangun tidur sampai berangkat sekolah
  • Melaksanakan tata tertib di sekolah

Seni Budaya dan Ketrampilan

  • Melakukan tarian pendek secara perorangan.
  • Memperagakan tarian pendek secara kelompok.
  • Menyebutkan bermacam-macam gerak berpindah tempat berdasarkan fungsinya.
  • Mengidentifikasi gerak kaki dan tangan sesuai dengan fungsinya.)
  • Menunjukkan tarian pendek secara perorangan sesuai irama musik
  • Menunjukkan tarian pendek secara kelompok sesuai irama musik
  • Melakukan gerakan sesuai suasana hati
  • Mengeekspresikan diri melalui gerakan tari

Bahasa Indonsesia

  • Menyalin kalimat
  • Menulis kalimat sesuia dengan yang didiktekkan guru
  • Menuliskan kata pada kalimat yang belum lengkap sesuai gambar
  • Menyalin syair lagu
  • Menyalin kalimat sesuai contoh

Matematika

  • Mengurutkan sekelompok bilangan yang berpola teratur dari yang terkecil.
  • Mengurutkan sekelompok bilangan yang berpola teratur dari yang terbesar.
  • Membilang loncat 2,3,4,5 dan lainnya.
  • Melakukan pengukuran berat dengan satuan tak baku.
  • Mengukur dan membandingkan berat benda secara langsung.
  • Mengukur dan membandingkan berat benda dengan satuan tak baku.
  • Menggunakan sifat operasi hitung pertukaran dan pengelompokkan untuk mempermudah perhitungan penjumlahan dan pengurangan.

Ilmu Pengetahuan Alam

  • Melakukan percobaan dan pembuktian dari sumber energi gerak.
  • Mencontohkan listrik dan panas sebagai keguanaan energi
  • Menyebutkan alat-alat rumah tangga yang menggunakan energi listrik.
  • Menyebutkan alat-alat rumah tangga yang tidak menggunakan energi listrik
  • Menyebutkan energi yang paling banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
  • Menyebutkan energi alternative yang digunakan oleh masyarakat.

Ilmu Pengetahuan Sosial

  • Mengidentifikasi ruang dalam rumah
  • Menceritakan fungsi dari tiap ruangan dalam rumah.
  • Menggambar denah rumah sendiri
  • Menjelaskan denah rumah sendiri.

Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan

  • Melakukan:
  • duduk di pinggir kolam dangkal
  • meloncat – loncat di air dangkal
  • injak – injak air
  • berjalan di dalam air
  • Melakukan:
    • gerakan memutar tangan
    • gerakan lompat di tempat
    • gerakan memutar badan
  • Melakukan:
  • Melakukan gerakan pergangan dan pelemasan leher, bahu, dada, lengan, kaki persendian pinggang

Tentang riyadiyahya

a big guy with a big dream have a ministry with teaching in elemantery level, i'm so like smile ^^ b'cos with smile can make me have fun, no
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s